Gunung Fuji yang terletak di pulau terbesar Jepang adalah gunung tertinggi negara itu dengan tinggi 3776 meter adalah urutan 35 dari jajaran gunung-gunung paling terkemuka di dunia. Gunung Fuji masih merupakan gunung berapi yang aktif dan telah meletus beberapa kali, dengan letusan terakhir tercatat tahun 1707. Sejajar dengan Gunung Tate dan Gunung Haku, Gunung Fuji adalah satu dari tiga gunung paling suci di Jepang. Di hari yang cerah, Gunung Fuji dapat terlihat dari Tokyo yang jauhnya 100 km. Waktu paling baik untuk memandangnya adalah di pagi hari di akhir musim gugur, musim dingin dan awal musim semi yaitu saat langitnya cerah. BIasanya gunung ini tertutup kabut atau awan.

Gunung Fuji oleh orang Jepang disebut Fujisan (富士山). Asal-usul nama Fuji diperdebatkan. Ada yang bilang nama Fuji berasal dari bahasa Ainu (suku asli Jepang) yang berarti “kehidupan abadi). Namun, para ahli bahasa sepakat bahwa nama ini berasal dari bahasa Yamato dan merujuk ke Fuchi atau dewi api dalam kepercayaan agama Budha.

Dengan puncaknya yang tertutup salju, Fujisan menjulang dengan gagahnya di atas pedesaan dan lautan serta danau-danau di sekelilingnya, dan sejak dahulu menjadi tujuan peziarah dan menjadi inspirasi seniman dan sastrawan. Terdapat prasasti-prasasti yang terdiri dari 25 situs yang mencerminkan intisari pemandangan suci nan indah dari Fujisan.

Pada abad 12, Fujisan menjadi pusat penggemblengan petapa-petapa penganut agama Budha, yang di dalamnya juga terdapat unsur agama Shinto. Di tingkat ketinggian lebih dari 1500 meter dari total ketinggian 3776 meter, rute-rute ziarah dan kuil-kuil kawah telah tertulis dalam prasasti. Terdapat juga situs-situs di kaki gunung di antaranya adalah kuil-kuil Sengen-jinja, penginapan-penginapan Oshi, dan fitur-fitur khas gunung berapi seperti cetakan pohon yang dibentuk oleh lava, danau-danau, sumber-sumber air, dan juga air terjun, kesemuanya dianggap suci oleh penduduk setempat. Fujisan telah menjadi inspirasi kesenian Jepang sejak abad 11. Tetapi, baru sejak abad 19, hasil cetak yang terbuat dari blok kayu yang menunjukkan pemandangan Fujisan, termasuk yang ada pemandangan pantai dan pohon pinusnya, benar-benar mengokohkan Fujisan sebagai ikon Jepang dan benar-benar memiliki dampak terhadap perkembangan seni negara-negara Barat.

Banyak yang bilang Gunung Fuji adalah gunung berapi dengan kerucut paling sempurna yang pernah ada dan sering dipakai sebagai objek dalam karya seni dan fotografi. Tidak seperti gunung-gunung lain di dunia, Gunung Fuji bukan merupakan bagian dari barisan pegunungan melainkan berdiri sendiri dengan gagah mempesona.

Pengaruh Gunung Fuji telah melekat dalam kehidupan, kesenian, dan keagamaan Jepang selama berabad-abad. Belakangan ini, ia dirayakan oleh penduduk dunia, terbukti dengan berdatangannya orang-orang dari seluruh penjuru bumi hanya untuk mengalami sendiri sang legenda hidup yaitu Gunung Fuji.

Gunung Fuji sejak dulu telah menjadi sumber inspirasi seniman, pujangga dan sastrawan Jepang. Tak diragukan lagi, lukisan-lukisan dan karya sastra yang mengisahkan keindahan Gunung Fuji itulah yang telah membuatnya menjadi simbol negara Jepang.

Gunung Fuji sejak lama dikeramatkan oleh orang Jepang sebagai tempat beribadah. Selama berabad-abad, para peziarah Jepang telah mendaki hingga ke puncaknya sebagai bagian dari perjalanan spiritual mereka. Bertolak dari kuil-kuil Sengenjinja di kaki Gunung Fuji, peziarah dari zaman dahulu telah berusaha mendaki sampai puncak agar bisa mengitari kawahnya, sebagai penghormatan terhadap dewa-dewa Shinto yang konon bersinggasana di kawah itu.

Dengan semakin ramainya orang yang ingin berziarah, makah berdirilah organisasi-organisasi yang bertujuan membantu mereka yang ingin melakukan perjalanan ke puncak Fujisan. Jalur-jalur pun dibuat, pondok-pondok gunung dibangun, kuil-kuil didirikan, dan demikianlah kisahnya sampai sekarang.

TUJUAN WISATA PALING TERKENAL DI JEPANG

Gunung Fuji, salah satu gunung tercantik di dunia, adalah tujuan wisata paling populer di Jepang. Ia dicintai karena kecantikannya dan bentuk kerucutnya yang simetris. Keindahannya telah terabadikan dalam lukisan dan foto hasil karya seniman-seniman dari generasi ke generasi. Musim semi adalah waktu paling tepat untuk menikmati keindahan Fuji. Gunung yang puncaknya tertutup salju ini terbingkai oleh warna merah muda bunga sakura. Karena itulah, Fujisan juga dijuluki Konohana-Sakuahime, yang berarti “menyebabkan kembang mekar”

GUNUNG FUJI ADALAH SIMBOL NEGARA JEPANG

Gunung Fuji yang terletak di Taman Nasional Fuji-Hakone-Izu adalah gunung sekaligus simbol paling terkemuka negara Jepang. Beberapa danau yaitu danau Kawaguchi, Yamanaka, Sai, Motosu, dan Shoji mengelilingi Fujisan.

———————————————————————————————————————————–

Informasi mengenai Tur ini, Silakan kontak Worldlinks America, Los Angeles (La Habra): 562-691-1318 , San Francisco 415 242 8195 , Sales@WorldlinksAmerica.com.

Ingin mendapatkan Info Tur Terkini di Worldlinks America lewat Email atau WA, silakan daftar di www.TurDuniaGratis.com 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here