Gunung

Dari dua puluh puncak gunung tertinggi di Amerika Serikat, tujuh belas darinya terdapat di Alaska. Denali, puncak gunung tertinggi di Amerika Utara, berdiri 20.320 kaki di atas permukaan laut. Denali, nama Indian untuk puncak gunung tersebut, berarti “Yang Agung.”

Perairan

Sungai Yukon, yang hampir sepanjang 2.000 mil, merupakan sungai ketiga terpanjang di AS. Terdapat lebih dari 3.000 sungai di Alaska dan lebih dari 3 juta danau. Yang terbesar, Danau Iliamna, mencakup lebih dari 1.000 mil persegi.

Gletser

Alaska memiliki sekitar 100.000 gletser, dari wilayah gletser kecil hingga lembah gletser besar. Terdapat lebih banyak gletser aktif dan lapangan luas es di Alaska daripada di tempat-tempat tak berpenduduk lainnya di dunia. Gletser terbesar adalah Malaspina pada luas 850 mil persegi. Lima persen dari negara bagian ini, atau 29.000 mil persegi, terdiri dari gletser.

Titik Kompas

Alaska memiliki titik-titik paling Utara (Point Barrow), paling Timur (Titik Pochnoi di Pulau Semisopochnoi di Aleutians), dan paling Barat (Pulau Amatignak di Aleutians) di Amerika Serikat.

Garis Pantai

Alaska memiliki 6.640 mil garis pantai dan, termasuk pulau-pulau, memiliki 33.904 mil garis pesisir.

Gunung Berapi

Terdapat lebih dari 70 gunung berapi yang berpotensi aktif di Alaska. Beberapa telah meletus di waktu-waktu belakangan ini. Erupsi gunung berapi yang paling parah di sepanjang abad terjadi di tahun 1912 ketika Gunung Berapi Novarupta meletus, menciptakan Valley of Ten Thousand Smokes yang kini merupakan bagian Taman Nasional Katmai.

Gempa Bumi

Pada tanggal 27 Maret 1964, gempa bumi terkuat yang tercatat telah terjadi di Amerika Utara, dengan besar magnitude 9,2, mengguncang Alaska pusat. Tiap tahunnya terjadi sekitar 5.000 gempa bumi di Alaska, termasuk 1.000 yang terhitung di atas 3,5 Skala Richter. Dari sepuluh gempa bumi terkuat yang pernah terjadi di dunia, tiga di antaranya terjadi di Alaska.

—————————————————————————————————————————————–

Informasi mengenai Tur ini, Silakan kontak Worldlinks America, Los Angeles (La Habra): 562-691-1318 , San Francisco 415 242 8195 , [email protected].

Ingin mendapatkan Info Tur Terkini di Worldlinks America lewat Email atau WA, silakan daftar di www.TurDuniaGratis.com