April lalu, Carl dan JoAnn tiba di San Francisco International Airport seusai mengunjungi putri mereka di Jerman, mereka menunggu satu jam di pemeriksaan paspor.
“Panjangnya seperti antrian di Disneyland saja,” kata Novoson.

Tak lama kemudian, pasangan ini mendaftar Global Entry, yang merupakan program federal yang memperbolehkan “trusted travelers” melewati jalan pintas imigrasi ketika kembali ke bandara-bandara besar Amerika di antaranya San Francisco, San Jose dan Oakland.

Dengan menjadi Global Entry Anda juga bisa mempersingkat pemeriksaan security TSA PreCheck di lebih dari 200 bandara se-Amerika, apakah Anda melakukan penerbangan domestik atau internasional.

Tetapi, proses pendaftaran Global Entry cukup panjang.

Anda harus memiliki paspor Amerika atau kartu permanent resident (alias green card) dan melengkapi formulir pendaftaran online dengan alamat, pekerjaan dan riwayat penerbangan ke luar negeri. (Warga negara 11 negara lain juga bisa mendaftar Global Entry.)

Setelah mendapatkan persetujuan bersyarat, biasanya seminggu atau dua minggu sesudahnya, Anda dapat melakukan apointment untuk wawancara langsung yang sifatnya wajib di pusat pendaftaran. Satu-satunya yang ada di Northen California adalah di San Francisco International Airport.

Saat Christensen dan Novoson menerima pra-persetujuan di bulan Mei, appointment mereka adalah pekan lalu. Dua atau tiga bulan adalah masa tunggu yang normal untuk appointment di SFO (kode untuk San Francisco International Airport), demikian kata Frank Falcon, seorang juru bicara U.S. Customs and Border Protection, yang merupakan penyelenggara Global Entry. Kantor wawancara buka dari 7 pagi sampai 11 malam tujuh hari dalam seminggu.

Kamis pagi, pasangan ini berangkat dari rumah mereka di Salinas ke SFO. Wawancara dimulai tepat waktu. Wawancara berlangsung lima menit. “Mudah-mudahan ini setimpal,” kata Novoson.

Jika Anda lulus wawancara, Anda akan keluar membawa nomor Global Entry, yang bisa Anda langsung pakai untuk penerbangan international. Anda lalu akan mendapatkan kartu, tapi kartu itu hanya akan dibutuhkan untuk melewati gerbang batas ke Meksiko dan Kanada serta untuk pelabuhan pesiar.

Ada rute alternatif untuk orang yang telah menerima persetujuan bersyarat tetapi tidak bisa mendapatkan wawancara sebelum meninggalkan negaranya. Mereka bisa melakukan wawancara ketika tiba dari penerbangan luar negeri di bandara-bandara di Amerika yang turut serta, termasuk San Francisco, San Jose dan Oakland. Ikuti papan-papan tanda “Enrollment on Arrival”. Kalau semua berjalan lancar, begitu selesai Anda sudah menjadi anggota Global Entry.

Ada juga bot Twitter (twitter.com/GOESbot) yang memperingatkan ketika appointment di SFO dibuka.

Anda juga dapat mencoba walk-in di SFO. Anda mungkin dilayani jika ada orang yang batal.

Anda harus membayar biaya nonrefundable sebesar $100 untuk mendaftar sebagai anggota Global Entry. Kalau diterima, keanggotaan berlaku selama lima tahun dan termasuk keanggotaan otomatis di TSA PreCheck yang merupakan program terpisah yang diselenggarakan oleh Transportation Security Administration. TSA sendiri biayanya $85 untuk lima tahun dan tidak memiliki manfaat-manfaat imigrasi.

Global Entry memiliki benefit lain yang tak dipunyai PreCheck. Setelah Oktober 2020, Anda tidak bisa lagi memakai Surat Izin Mengemudi atau ID card biasa keluaran State untuk naik penerbangan domestik. Anda bisa memakai Real ID, yang merupakan SIM atau ID card yang fitur keamanannya diperbanyak, atau satu dari sekitar 12 jenis ID lain seperti paspor, military ID atau kartu Global Entry. Keanggotaan TSA PreCheck tidak berlaku untuk ini.
California Department of Motor Vehicles (DMV) mulai menerbitkan Real ID, selain SIM dan KTP biasa, mulai Januari lalu. Anda harus mendapatkan Real ID langsung secara pribadi dan syarat dokumennya lebih rumit daripada SIM biasa. Akibatnya, antrian appointment panjang di DMV.

Jika Anda tidak keberatan membawa paspor untuk penerbangan domestik, maka tidak perlu membawa Real ID atau Global Entry untuk terbang domestik setelah Oktober 2020.
Dua manfaat utama Global Entry adalah memakai TSA PreCheck di pos pemeriksaan keamanan dan melalui passport control dengan cepat. Saat sampai di SFO dari luar negeri, anggota Global Entry menuju ke sebuah kiosk, dipindai paspor dan sidik jarinya, melengkapi customs declaration dan mendapat lembar printout yang ditunjukkan ke petugas, terus lanjut ke baggage claim.

Mereka yang bukan Global Entry masuk ke kiosk yang berbeda untuk dipindai paspor dan sidik jarinya dan diambil fotonya. Mereka menjawab beberapa pertanyaan, menerima kartu tanda terima dan menunggu di antrian untuk menemui petugas paspor. Antrian ini kadang panjang karena banyak sekali orang dan mereka belum di pre-screening. Tergantung posisi Anda di antrian dan berapa penerbangan tiba sekaligus, rentang waktu tunggu bisa beberapa menit sampai lebih dari satu jam.

Kihyun Yoon dari San Jose, seorang anggota Global Entry, mengatakan bahwa biasanya butuh lima sampai sepuluh menit untuk melewati imigrasi dengan memakai Global Entry. Tanpa Global Entry, butuh satu jam.

Bagi yang tidak punya Global Entry, asalkan melek teknologi mereka juga bisa melewatkan antrian panjang imigrasi dengan men-download app Custom and Border Protection Mobile Passport di ponsel pintar. Pertama, masukkan informasi paspor ke app. Ketika Anda tiba di bandara di Amerika yang berpartisipasi (termasuk San Francisco dan San Jose tapi tidak Oakland), Anda menyelesaikan “new trip” dengan memilih bandara dan maskapai kedatangan Anda, melakukan selfie dan menjawab beberapa pertanyaan. Lalu Anda mendapatkan kode di ponsel Anda yang kemudian Anda bawa ke jalur cepat Mobile Passport Control. Mobile Passport gratis tetapi tidak termasuk TSA PreCheck.

Meskipun seandainya Anda anggota Global Entry, Anda tetap akan diberhentikan untuk pemeriksaan barang bawaan. Anggota Global Entry juga mungkin masih tetap akan di-screening tambahan di bandara. (Demikian pula anggota PreCheck.) Dan Anda juga tidak akan mendapat jalur cepat saat tiba di bandara di luar negeri, kecuali tiga bandara di New Zealand. (Australia punya proses ekspres untuk Warga Negara Amerika, tak peduli anggota Global Entry ataupun tidak.)

Di beberapa bandara di luar negeri, kebanyakan di Kanada, semua Warga Negara Amerika musti melewati U.S. Customs and Border Protection sebelum naik pesawat pulang ke Amerika. Lokasi-lokasi preclearance ini juga memiliki kiosk Global Entry.
Seperti banyak orang, Gary dan Sally Bauman dari San Anselmo bilang bahwa mereka mendaftar Global Entry terutama untuk mendapat PreCheck. Meskipun beberapa orang yang tidak terdaftar di PreCheck mendapatkannya di beberapa penerbangan, Gary bepergian dengan band-nya dan merasa frustrasi ketika ada anggota band yang mendapatkan PreCheck dan ada yang tidak.

Mendaftar PreCheck lebih mudah dan lebih cepat dibanding Global Entry. Kesamaannya, Anda harus warga negara Amerika atau permanent resident yang sah. Tapi jika Anda tidak punya paspor, Anda dapat memakai Surat Izin Mengemudi atau ID card yang dikeluarkan State Anda dan fotokopi sertifikat kelahiran yang dilegalisir.

Anda harus mengunjungi pusat pendaftaran PreCheck. Ada tujuh di Bay Area dan Anda akan dilayani petugas dengan atau tanpa appointment, demikian kata juru bicara TSA Lorie Dankers. Uang pendaftaran sebesar $85 tidak bisa di-refund, jadi pastikan Anda tidak melakukan pelanggaran yang membuat Anda didiskualifikasi.

Beberapa hari setelah kunjungan ke PreCheck, kebanyakan orang bisa mendapatkan nomer “known traveler” online dan langsung bisa memakainya, kata Dankers. PreCheck tidak menerbitkan kartu. Sebagai gantinya, Anda memasukkan nomer “known traveler” Anda (PreCheck atau Global Entry) saat Anda booking penerbangan dengan 53 maskapai yang berpartisipasi.

Antrian PreCheck biasanya lebih pendek daripada antrian biasa, karena penumpang dapat melaluinya tanpa melepas sepatu, jaket ringan, ikat pinggang, cairan, tablet dan laptop mereka. Dan biasanya mereka berjalan melalui detektor logam dan bukan pemindai tubuh. Yang terakhir, periksa apakah kartu kredit Anda akan mengganti biaya Global Entry atau PreCheck.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here