200 tahun terakhir, San Francisco telah mengalami demam emas, gempa bumi besar, dan lusinan gerakan kesenian. Alhasil, tempat ini menjadi surga pelancong dengan sejuta pengalaman sejarah, kuliner dan seni. Kalau ini kali pertama Anda mengunjungi Kota Golden Gate, berikut tujuan wisata yang wajib Anda kunjungi di San Francisco.

Golden Gate Bridge

San Francisco identik dengan Golden Gate Bridge.

Dibuka pada 1937, landmark ini membentang sepanjang 2,7 km dan dua menaranya memiliki tinggi 227 meter. Ingin tahu mengapa warnanya khas orange? Arsitek Irving Morrow memilih warna tersebut agar kontras dengan sekelilingnya dan dapat dilihat kapal yang melintas.

Tip: The Golden Gate Visitors Center dan jembatan Golden Gate itu sendiri penuh sesak saat musim sibuk dengan banyaknya orang yang menyeberangi jembatan.

Pemandangan jembatan yang indah juga bisa didapatkan dari Crissy Field, yaitu taman ramah anjing di sebelah tenggara jembatan. Direstorasi tahun 2001, Crissy Field adalah bekas pangkalan udara militer yang sekarang  berubah fungsi menjadi tempat bersepeda dan berjalan-jalan.

Coit Tower – Telegraph Hill

Jika Anda ingin memandang San Fran dari atas, pergilah ke Menara Coit. Dibangun pada 1933 di atas Telegraph Hill, Menara Coit memiliki tinggi 64 meter yang berdiri di bukit setinggi 87 meter.

Saat menaiki menara, terdapat mural di bagian bawahnya. Mural ini dilukis tahun 1934 sebagai gambaran kehidupan orang California di saat masa Great Depression.

Begitu mencapai puncak, siapkan kamera Anda! Jika beruntung, Anda dapat memotret burung-burung kakak tua yang tinggal di Telegraph Hill.

Cable Car

Salah satu cara paling khas untuk mengelilingi kota San Francisco adalah dengan Tram.

Tram ini memiliki rel di jalan-jalan utama sehingga Anda dapat dengan mudah naik dan turun di jalan dan di jalanan yang mendaki.

Tip: Pakailah pakaian berlapis untuk menjaga kehangatan, karena di perbukitan San Francisco anginnya lumayan besar.

Transamerica Pyramid

Dibangun pada 1969, gedung berbentuk piramid ini adalah pemandangan khas San Francisco. Dengan ketinggian 260 meter, ini adalah gedung tertinggi di California Utara. Jangan lupa dengan “mahkota” gedung ini, yaitu ujung lancip setinggi 65 meter berbahan aluminium yang berpendar di malam hari.

Haight-Ashbury District

Pemandangan berwarna warni menghiasi daerah ini, yang dulu merupakan pusat pergerakan Hippie dari 1960 sampai 70an. Shopping dan seni sangat meriah di sini, daerah yang cocok untuk memanjakan diri.

Mampirlah ke Alamo Square untuk berfoto di “jajaran kartu pos” (dinamakan demikian karena terdapat jajaran gedung bergaya Victoria di sepanjang jalan Hayes dan Steiner).

Luangkan sore Anda untuk melihat-lihat koleksi musik di Amoeba Music (toko rekaman musik yang dibuka pada 1990 yang memiliki koleksi lengkap dari jazz sampai folk sampai blues.

Chinatown

Di San Francisco terdapat Chinatown terbesar di luar Asia sekaligus tertua di Amerika Utara. Jelajahi budaya, santapan, serta sejarah Cina di sini.

Telusuri kawasan ini dan nikmatilah produk hasil bumi segar di pasar, pedagang kaki lima, dan juga santapan murah di restoran yang banyak tersebar di sini.

The Ferry Building

Berlokasi di kaki Market Street, Ferry Building adalah tempat menikmati pengalaman shopping berkesan.

Berlokasi di pusat semua angkutan transit San Francisco (Muni, BART, dan Ferry), toko-toko di Ferry Building menyajikan makanan lokal San Francisco yang akan selalu dikenang.

Cicipi manisnya hidangan di Recchiuti Confections atau mampirlah ke Heath Ceramics untuk oleh-oleh spesial bagi keluarga di rumah.

Tip: Ada pasar petani tiap Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Pulau Alcatraz

Merupakan lokasi dari bekas penjara federal, Pulau Alcatraz juga merupakan lokasi mercu suar pertama di Pantai Barat Amerika.

Meski semua narapidana dipindahkan dari sini pada 1963, pulau ini telah menjadi saksi banyaknya pengunjung yang tertarik mempelajari sejarah penjara dan juga penghuni terkenal seperti Al Capone.

Palace of Fine Arts

Palace of Fine Arts dibangun pada 1915 untuk World’s Fair untuk memamerkan kemegahan San Francisco. Meski semua bangunan yang dibangun untuk World Fair telah dirubuhkan, Palace of Fine Arts tetap menjadi landmark dan simbol kecantikan arsitektur kota ini.

Luangkan waktu untuk menikmati seni pertunjukan seperti balet, teater, dan musikal.

Atau, sekedar mampir untuk mengagumi bangunan ini dan menikmati indahnya laguna dan taman yang mengelilinginya, gratis!

Tip: Kenakan sepatu yang nyaman. Ada banyak daerah dan jalur tersembunyi yang patut Anda jelajahi.

AT&T Park

Berkunjunglah ke markas tim baseball juara World Series 2012 San Francisco Giants di AT&T Park.

Stadion ini tidak hanya memiliki pemandangan spektakuler (berkat Teluk McCovey), tapi Anda juga bisa menikmati sajian lezat, bukan hanya sekedar kacang dan biskuit.

Cicipi segelas craft beer dan mac and cheese goreng. Jika Anda lebih suka seafood, mampirlah ke Crazy Crab’z untuk sandwich kepiting Dungeness dengan roti sourdough.

Fisherman’s Wharf

Jalur pejalan kaki berlantai papan kayu dengan pemandangan lautnya memberi kesan bahwa Fisherman’s Wharf mengapung di atas air. Dengan puluhan toko, restoran dan atraksi semisal akuarium, Fisherman’s Wharf cukup untuk mengisi hari Anda dengan pengalaman khas. Nikmati sajian di Alioto’s Restaurant.

Alioto’s Restaurant buka tahun 1925, dan keluarga Alioto sedari dulu menyajikan seafood segar seperti lobster, udang, tiram, kerang, Bay shrimp cocktail dan cracked crab.

Tip: Jangan lewatkan koloni singa laut yang suka berkerumun di sekitar Pier 39.

————————————————————————————————————————————-

Informasi mengenai Tur ini, Silakan kontak Worldlinks America, Los Angeles (La Habra): 562-691-1318 , San Francisco 415 242 8195 , Sales@WorldlinksAmerica.com.

Ingin mendapatkan Info Tur Terkini di Worldlinks America lewat Email atau WA, silakan daftar di www.TurDuniaGratis.com

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here