Gunung Rushmore, yang disebut dengan Gunung Presiden, berlokasi di Black Hills di Keystone, South Dakota. Wajah keempat presiden terkenal, George Washington, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt, dan Abraham Lincoln, dipahat  di permukaan batu granit. Menurut National Park Service, monumen ini dikunjungi tiap tahun oleh lebih dari tiga juta orang.

SEJARAH TAMAN NASIONAL GUNUNG RUSHMORE

Taman Nasional Gunung Rushmore merupakan hasil dari ide Doane Robinson, yang dikenal sebagai “Penemu Gunung Rushmore.” Tujuannya adalah membuat atraksi yang dapat mengundang orang-orang di seluruh negara ke negara bagian ini.

Robinson menghubungi Gutzon Borglum, pemahat yang mengerjakan monumen ini di Gunung Stone, Georgia.

Borglum bertemu dengan Robinson pada tahun 1924 dan 1925. Ialah yang mengidentifikasi bahwa Gunung Rushmore adalah lokasi yang sempurna untuk membangun monumen besar. Ini dikarenakan oleh tingginya tebing yang menaungi wilayah sekitar serta arahnya yang menghadap tenggara untuk menggunakan sinar matahari sebaik mungkin setiap hari. Robinson bekerja dengan John Boland, Presiden Calvin Coolidge, Kongres William Williamson, dan Senat Peter Norbeck untuk mendapatkan dukungan di Kongres dan sponsor.

Kongres setuju untuk memberikan dana sebesar US$250.000 untuk proyek tersebut dan didirikanlah Komisi Mount Rushmore National Memorial. Proyek pun dimulai. Di tahun 1933, proyek Gunung Rushmore menjadi bagian dari National Park Service. Borglum tidak ingin National Park Service mengawasi konstruksinya, tetapi ia terus mengerjakan proyek tersebut hingga ia meninggal di tahun 1941.

Monumen tersebut dianggap sudah selesai dan siap untuk dipersembahkan pada 31 Oktober 1941.

MENGAPA KEEMPAT PRESIDEN TERSEBUT YANG TERPILIH

Borglum memutuskan presiden mana saja yang dipahat di gunung ini. Berikut ini adalah alasan utama mengapa presiden-presiden tersebut yang terpilih menurut National Park Service:

  • George Washington – Merupakan presiden pertama dan merepresentasikan dasar demokrasi Amerika.
  • Thomas Jefferson – Dengan Pembelian Louisiana, beliau berpengaruh besar dalam memperluas wilayah negara. Beliau juga merupakan penulis dari Deklarasi Kemerdekaan.
  • Theodore Roosevelt – Beliau tidak hanya merepresentasikan perkembangan industri negara, namun juga dikenal untuk upaya pelestarian alamnya.
  • Abraham Lincoln – Sebagai Presiden selama Perang Saudara Amerika Serikat, beliau merepresentasikan pemeliharaan negara di atas segalanya.

FAKTA MENGENAI GUNUNG RUSHMORE

  1. Thomas Jefferson aslinya mulai dibangun di sebelah kanan George Washington. Namun, setelah 18 bulan mereka pikir konstruksinya tidak berjalan dengan sesuai. Wajah Jefferson kemudian dihancurkan dengan dinamit dan dipahat di sisi lain.
  2. Menuntaskan pembangunan Gunung Rushmore memakan waktu 14 tahun.
  3. Tidak ada yang tewas atau meninggal saat pembangunan Gunung Rushmore.
  4. Karya pahat Gunung Rushmore menghabiskan biaya sebesar US$989.992,32.
  5. Terdapat gua di belakang pahatan yang dinamakan “Hall of Records.” Awalnya ditujukan untuk menjadi tempat diceritakannya kisah Gunung Rushmore, namun tidak pernah diselesaikan karena kurangnya biaya.
  6. Panjang wajah George Washington adalah 60 kaki.
  7. 90% wajah tersebut dipahat oleh dinamit.
  8. Anda dapat mengunjungi Avenue of Flags di Gunung Rushmore yang merepresentasikan 50 negara bagian, Distrik Columbia, Guam, Puerto Rico, Kepulauan Virgin, Samoa Amerika, dan Kepulauan Mariana Utara.
  9. Gutzon Borglum menjalani pendidikan di Paris dan berteman dengan Auguste Rodin yang memberi banyak pengaruh kepada seniman Borglum.
  10. Borglum merupakan pemahat Amerika pertama yang karyanya dibeli oleh Metropolitan Museum of Art di Kota New York.
  11. Meskipun Borglum telah memulai proyeknya di Gunung Stone, Georgia, ia tidak pernah menyelesaikannya. Ia pergi begitu saja di tengah-tengah masalah, dan karyanya dibersihkan dari gunung tersebut. Pemahat lainnya, Augustus Lukeman, kemudian dipanggil untuk menyelesaikan karya tersebut.
  12. Borglum adalah anggota Freemasons dan kemungkinan adalah anggota Ku Klux Klan.
  13. Borglum seringkali tidak hadir saat proyek pemahatan Gunung Rushmore. Saat proyek berlangsung, ia juga tengah membuat pahatan Thomas Paine untuk Paris dan Woodrow Wilson untuk Polandia. Putranyalah yang mengawasi proyek Gunung Rushmore saat ia tidak hadir.

————————————————————————————————————————————-

Informasi mengenai Tur ini, Silakan kontak Worldlinks America, Los Angeles (La Habra): 562-691-1318 , San Francisco 415 242 8195 , Sales@WorldlinksAmerica.com.

Ingin mendapatkan Info Tur Terkini di Worldlinks America lewat Email atau WA, silakan daftar di www.TurDuniaGratis.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here