Glacier National Park mencakup lebih dari dua juta hektar belantara mempesona Amerika. Taman Nasional ini adalah salah satu lokasi yang paling sering di-Instagram di Amerika dan lokasi paling sering di-pin di Pinterest di seluruh dunia. Apa sebenarnya yang membuat taman nasional ini begitu fotogenik? Mungkin danau-danaunya yang berwarna turquoise. Mungkin gunung-gunungnya. Atau mungkin koleksi marga satwanya. Mengapa wisatawan terus berkunjung ke zamrud di Montana ini? Berikut alasannya:

1. GLACIER ADALAH BAGIAN DARI INTERNATIONAL PEACE PARK PERTAMA DI DUNIA

Glacier National Park dan Waterton Lakes National Park di Kanada ditetapkan sebagai International Peace Park pertama pada tahun 1932. Setelah pihak pengelola kala itu setuju bahwa Upper Waterton Valley hendaknya tidak dibagi antara Amerika Serikat dan Kanada, kedua taman tersebut bergabung menjadi satu sebagai lambang persahabatan, dan kedua belah pihak bekerja bersama untuk melestarikan belantara ini. Tiap tahun setelahnya, orang-orang Rotary International melakukan ritual simbolis tahunan dengan berjabat tangan di perbatasan dan “bersumpah tidak akan mengangkat senjata melawan satu sama lain.”

2. RAGAM MARGASATWA TIDAK BANYAK BERUBAH SEJAK EKSPEDISI LEWIS DAN CLARK.

Margasatwa adalah salah satu alasan Glacier digelari Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1995. Oleh karena luasnya yang membentang dan oleh karena upaya-upaya perlindungan sejak dini, Taman Nasional ini telah mempertahankan spesies binatang asli sejak orang-orang Eropa menemukan area ini. Hanya ada dua mamalia yang tidak lagi hidup di sana yaitu Woodland Caribou dan Bison.

3. “MAHKOTA BENUA.”

Karena beragamnya flora dan fauna di Taman ini, tidak mengherankan bahwa Glacier National Park sering disebut sebagai “Mahkota Benua.” Ahli alam dan sejarawan George Bird Grinnel, yang mengepalai upaya mendirikan Glacier National Park, memberi julukan ini di awal abad 20.

4. KAMBING GUNUNG ADALAH BAGIAN PENTING DARI IDENTITAS GLACIER.

Kambing gunung adalah salah satu satwa paling terkenal dari Taman ini. Binatang tangguh ini sangat banyak ditemui dan membuatnya sebagai lambang resmi Glacier. Salah satu tempat terbaik untuk melihat binatang lincah ini adalah di Goat Lick Overlook, lokasi kambing menjilat mineral di bagian selatan Glacier.

5. ARSITEKTUR KLASIK MENAMPILKAN GAYA EROPA

Setelah diputuskan secara resmi sebagai Taman Nasional tahun 1910, semakin banyak pengunjung berdatangan. Untuk melayani mereka, Great Northern Railway mendirikan rangkaian chalet dan hotel yang desainnya meniru penginapan-penginapan di Swiss. Kombinasi desain dan penggunaan bahan alami ini disebut “parkitecture.” Meski Perang Dunia II menyebabkan banyak penginapan tersebut rusak, beberapa diantaranya berhasil diselamatkan dan didaftarkan sebagai National Historic Landmarks.

6. SALAH SATU PUNCAK TAMAN MEMASOK AIR KE TIGA SAMUDERA.

Triple Divide Peak ini istimewa karena memasok air ke Samudera Pasifik, Atlantik, dan Arktik. Continental Divide dan Northern Divide, yang mengarahkan aliran air ke samudera, bertemu di puncak. Ini berarti bahwa air yang jatuh ke Triple Divide Peak akan mengalir ke Samudera Pasifik, Samudera Atlantik (lewat Teluk Meksiko) atau Laut Arktik (lewat Hudson Bay, yang sering dianggap sebagai bagian Laut Arktik).

7. WISATA PERAHU MEMILIKI KESAN HISTORIS.

Wisata perahu kayu telah menjadi daya tarik Glacier sejak 1920an dan banyak perahu asli dari zaman itu masih beroperasi hingga sekarang. Salah satu yang tertua adalah Sinopah, perahu sepanjang 15 meter yang mengantarkan pengunjung melewati Danau Two Medicine. Ada juga Little Chief, perahu berkapasitas 49 penumpang yang ada di Danau Saint Mary.

8. BUS RED JAMMERS MODEL KLASIK MENGANTARKAN TAMU DENGAN PENUH GAYA.

Taman-taman nasional di Amerika memperkenalkan bus wisata pada tahun 1930an untuk mengurangi lalu lintas mobil. Di taman-taman lain, bus-bus ini sudah tidak beroperasi, tapi di Glacier masih ada wisata bus Red Jammer. Meski tidak diizinkan beroperasi tahun 1999 dengan alasan keamanan, Reds (julukan Red Jammer) kembali setelah di-refurbish tahun 2002.

9. JALAN GOING-TO-THE-SUN ADALAH KEAJAIBAN MODERN.

Jalan Going-to-the-Sun adalah rute dari timur ke barat sepanjang 80 km dengan pemandangan yang indah. Jalan ini dibuka tahun 1933 dan semua struktur utamanya selesai tahun 1937. Ia telah menerima beberapa penghargaan bergengsi, termasuk didaftarkan sebagai Tempat Bersejarah Nasional, Landmark Bersejarah Nasional, dan Landmark Teknik Sipil Bersejarah. Jaln ini juga tampil dalam adegan pembuka film The Shining (1980).

10. TANAH API DAN ES.

Meski di taman ini saljut turun rata-rata per tahun 350cm, Taman Nasional Glacier memiliki sejarah kebakaran hutan. Taman ini mencatat 64 kebakaran tahun 1936 dan mengalami musim kebakaran parah di tahun 2003, dimana 13 persen taman terbakar.

11. ANDA DAPAT MELEWATI PERBATASAN DI BAGIAN UTARA TAMAN.

Berlokasi di sepanjang Danau Waterton, Goat Haunt dianggap sebagai titik pusat Waterton-Glacier International Peace Park. Pengunjung yang ini melewati perbatasan ke kedua negara harus menunjukkan identitas mereka sebelum menerima stempel berbentuk kambing gunung di paspor mereka.

—————————————————————————————————————–

Informasi mengenai Tur ini, Silakan kontak Worldlinks America, Los Angeles (La Habra): 562-691-1318 , San Francisco 415 242 8195 , Sales@WorldlinksAmerica.com.

Ingin mendapatkan Info Tur Terkini di Worldlinks America lewat Email atau WA, silakan daftar di www.TurDuniaGratis.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here