Taman Nasional Yosemite merupakan taman nasional yang mencakup beberapa bagian dari wilayah Tuolumne, Mariposa, dan Madera di California Utara. Taman tersebut, yang dikelola oleh National Park Service, melingkupi luas wilayah 302.687 hektar (3.026,87 km2) dan mencapai hingga lereng bagian barat kisaran gunung Sierra Nevada. Pada rata-ratanya, sekitar 4 juta wisatawan mengunjungi Yosemite tiap tahun, dan sebagian besar menghabiskan banyak waktu mereka di Lembah Yosemite yang memiliki luas 18 km2. Taman ini memecahkan rekor di tahun 2016 karena telah menerima lebih dari 5 juta pengunjung untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Ditunjuk sebagai salah satu Situs Warisan Dunia pada tahun 1984, Yosemite dikenal secara internasional akan jurang granit, air terjun, sungai yang jernih, pohon sequoia, danau, pegunungan, gletser, dan keanekaragaman hayatinya. Hampir 95% dari taman tersebut merupakan wilayah rimba. Yosemite adalah pusat bagi pengembangan ide taman nasional. Pertama, Galen Clark dan lainnya berupaya untuk melindungi Lembah Yosemite dari kegiatan pengembangan , yang kemudian membuat Presiden Abraham Lincoln setuju untuk menandatangani peresmian Yosemite Gran di tahun 1864. Lalu, Jon Muir memimpin pergerakan yang sukses untuk mendirikan taman nasional yang lebih besar yang tidak hanya mencakup  lembah tersebut, namun pegunungan dan hutan di sekelilingnya juga membuka jalan bagi sistem taman nasional Amerika Serikat.

YosemiteYosemite adalah salah satu blok habitat terbesar dan belum terpecah belah di Sierra Nevada, dan taman tersebut memberikan tempat tinggal bagi beraneka ragam tumbuhan dan hewan. Taman ini memiliki kisaran ketinggian dari 648 – 3.997 meter dan memiliki lima zona vegetasi utama: tanaman chaparral/pepohonan ek, hutan montane bagian bawah, hutan montane bagian atas, zona subalpine, dan alpine. Dari 7.000 spesies tumbuhan di California, sekitar 50% terdapat di Sierra Nevada dan lebih dari 20% berada dalam cakupan Yosemite. Terdapat habitat yang layak bagi lebih dari 160 tumbuhan langka di taman ini, dengan formasi geologis lokal yang langka dan tanah yang unik yang menandakan daerah tertutup yang dipenuhi oleh banyak tumbuhan ini.

Kondisi geologis dari wilayah Yosemite ditandai oleh bebatuan granit dan sisa-sisa bebatuan lama. Sekitar 10 juta tahun yang lalu, tanah Sierra Nevada ditinggikan dan dimiringkan untuk membentuk lereng halus di bagian barat dan lereng yang lebih tajam di bagian timurnya. Peninggian ini menambahkan kecuraman dasar sungai, menghasilkan pembentukan ngarai yang dalam dan sempit. Sekitar satu juta tahun yang lalu, salju dan es menumpuk, membentuk gletser di pepohonan alpine yang terus menumpuk hingga lembah-lembah sungai. Ketebalan es di Lembah Yosemite mungkin telah menjangkau 1.200 meter saat masa glasial awal. Pergerakan dari es-es ke bawah memotong dan membentuk lembah berbentuk U yang menarik banyak pengunjung untuk melihat pemandangan indah hingga saat ini.

Nama “Yosemite” (yang berarti “pembunuh” dalam bahasa Indian Miwok) awalnya merujuk ke nama sebuah suku yang diusir keluar dari wilayah tersebut (dan mungkin dibasmi) oleh Pasukan Mariposa. Sebelumnya wilayah tersebut dinamakan “Ahwahnee” (“mulut besar”) oleh orang-orang pribumi.


————————————————————————————————————————————

Informasi mengenai Tur ini, Silakan kontak Worldlinks America, Los Angeles (La Habra): 562-691-1318 , San Francisco 415 242 8195 , Sales@WorldlinksAmerica.com.

Ingin mendapatkan Info Tur Terkini di Worldlinks America lewat Email atau WA, silakan daftar di www.TurDuniaGratis.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here