Halong Bay adalah sebuah tempat peninggalan yang telah dideklarasi oleh UNESCO World berlokasi di Teluk Tonkin, di bagian utara pantai Vietnam. Teluk ini berwarna hijau kebiruan yang indah dengan sebuah kepulauan terdiri dari 3000 lebih pulau dengan berbagai bentuk dan wujud, dengan jurang-jurang berbatu gamping yang terbalut oleh tanaman hijau, menjulur dari permukaan laut.

Jika Anda pecinta alam, tempat ini akan membuat Anda terpesona oleh lokasi-lokasi menakjubkannya, dan kemegahan komposisi alamnya. Jika Anda mengunjungi Vietnam, ini adalah satu hal yang Anda harus lihat.

Halong berarti “Naga yang Turun”, sebuah metafora yang cocok untuk mendeskripsikan secara akurat beribu pulau dengan formasi-formasi ajaib bebatuan di teluk ini, dan menyerupai liuk punggung dari naga yang mendarat.

Laut Teluk Halong selamanya tetap berwarna hijau terang, mengalir tenang, terserap oleh waktu. Keempat musim Halong yang indah. Di musim semi, tunas tumbuhan yang lebat menyelimuti pegunungan gamping.

Teluk Halong di bagian timur laut propinsi Quang Ninh mencakupi 1.600 pulau besar dan kecil, membentuk pemandangan laut spektakuler pilar-pilar gamping. Jelajahilah pulau-pulau Teluk Halong dengan Newyouth Tourism.

Menurut legenda, Teluk Halong dibentuk oleh sebuah Induk Naga dan anak-anaknya, yang diutus oleh Sang Penguasa Kahyangan untuk menjaga masyarakat Vietnam dari penyerbu asing. Naga-naga tersebut berdatangan dari surga, menyemburkan mutiara yang membentuk pulau-pulau kecil dan menghentikan para penyerbu serta menghancurkan kapal-kapal mereka. Induk Naga dan anak-anaknya tidak kembali ke surga setelah pertarungan tersebut, namun menetap di teluk; Induk Naga tersebutlah yang menjadi Teluk Halong dan anak-anaknya menjadi Bai Tu Long.

Menjelajahi pulau-pulau Teluk Halong hampir membuat cerita hebat ini terdengar benar. Menelusuri hampir 2000 pulau sementara duduk di atas perairan hijau zamrud terasa tidak nyata setidaknya dalam hal spiritual.

Laut Teluk Halong selamanya tetap berwarna hijau terang, mengalir tenang, terserap oleh waktu. Keempat musim Halong yang indah. Di musim semi, tunas tumbuhan yang lebat menyelimuti pegunungan gamping. Di musim panas, sejuk dan cerah, cahaya matahari menyinari laut. Di musim gugur, di malam terang benderang, jejeran pegunungan bercahayakan rembulan tampak seperti dedaunan emas yang jatuh ke bumi.

Teluk Halong berwilayah sekitar 1.553 km2, termasuk 1.960-2.000 pulau kecil, di antaranya berbatu gamping. Pusat teluk memiliki luas area 334 km2 dengan kepadatan 775 pulau besar. Batu gamping di teluk ini telah melalui perubahan formasi dalam berbagai kondisi dan lingkungan selama 500 tahun. Evolusi karst di teluk ini telah mendapatkan dampak dari iklim tropis yang basah selama 20 juta tahun. Keanekaragaman geografi lingkungan area ini telah menciptakan keanekaragaman hayati, termasuk sebuah biosistem hijau tropis, biosistem kelautan dan pantai. Teluk Halong merupakan habitat bagi 14 spesies flora dan 60 spesies fauna.

Beberapa pulau berpegunungan Teluk Halong memiliki sejumlah gua yang tercipta oleh kikisan dari angin dan air, yang terbentang dari puncak jurang hingga perairan emerald teluk. Gua-gua tersebut sangat berliku dan penuh patung dengan berbagai ukuran yang sulit dipercaya bahwa ini semua terbuat tanpa bantuan apa pun dari tangan dan alat pemahat.

Teluk Halong adalah contoh indah dari efek erosi angin terhadap daratan, dan tidak hanya tampak di gua-gua saja, namun di sepanjang pulau-pulau gamping tersebut, terutama yang memiliki landasan-landasan yang tipis. Saya rasa fenomena ini menambah sentuhan mistis spesial kepada tempat ini jika Anda bayangkan angin yang tak terlihat namun jelas memiliki kekuatan yang luar biasa, mengikis elemen-elemen alam, terus menerus selama berabad-abad.

Sebuah aspek menarik dari Teluk Halong adalah tempat ini memiliki begitu banyak pulau dan pilar batu, sampai setiap sudut memiliki kejutan tersendiri: patung pahatan menakjubkan, gapura mempesona di sepanjang gunung, dan laguna di mana Anda dapat berkayak dan menikmati pemandangan.

Hal lain yang menarik rasa ingin tahu adalah sementara berlayar di antara banyak pulau, Anda akan seringkali melihat “stasiun” terapung untuk memancing, yang berada di tengah-tengah laut dan menjadi tempat yang menarik juga. Di sinilah tempat nelayan tinggal dan kerja setiap hari, dan ini merupakan sebuah hal yang membuat semua orang terkagum dan terheran-heran untuk beberapa lama.

Di antara pulau-pulau dan formasi bebatuan, Teluk Halong juga memiliki banyak pulau-pulau ecil berpasir putih yang jarang dikunjungi, yang dapat Anda datangi dengan perahu. Berhentilah dan nikmati untuk beberapa saat, dan biarkan diri Anda dikelilingi oleh alam, alam, dan alam.

———————————————————————————————————————————-

Informasi mengenai Tur ini, Silakan kontak Worldlinks America, Los Angeles (La Habra): 562-691-1318 , San Francisco 415 242 8195 , Sales@WorldlinksAmerica.com.

Ingin mendapatkan Info Tur Terkini di Worldlinks America lewat Email atau WA, silakan daftar di www.TurDuniaGratis.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here