d’Topeng Kingdom merupakan museum yang menyimpan benda-benda bersejarah serta menyajikan berbagai rekam jejak sejarah peninggalan agama Hindu, Budha, hingga agama Islam di nusantara. Wisata edukatif ini tidak hanya bermanfaat bagi anak-anak, orang dewasa pun perlu tahu tentang sejarah kebudayaan bangsa, itulah salah satu alasan kenapa museum ini dibangun. Wisata edukasi ini sangat bermanfaat, karena selain menambah ilmu pengetahuan pengunjung juga dapat mengenal sejarah tentang kebhinekaan, suku, budaya, kesenian setiap daerah dari Sabang hingga Merauke.

Museum d’Topeng Kingdom dibuka untuk umum sejak 23 Mei 2014. Museum yang berada di kawasan Museum Angkut, Jl. Terusan Sultan Agung No. 2, Kota Batu, Malang, Jawa Timur ini didirikan oleh Reno Halsamer, seorang kolektor benda-benda bersejarah asal Surabaya.

Sesuai dengan namanya, museum ini menyimpang sekitar 2.000 topeng khas pelesok nusantara, bahkan benda-benda pusaka seperti keris, patung pewayangan, patung kuno dari masa kerajaan Majapahit hingga prasejarah juga ada di sini. Koleksi benda-benda antik tersebut dikumpulkannya selama 20 tahun yang didapatkan dari kolektor benda sejarah, juga dari masyarakat pribumi dan warga asing.

Pemandangan pertama memasuki ruangan nampak tatanan rapi aneka kain batik dari berbagai daerah di Indonesia, di antaranya kain batik dari Solo, batik 3 Negeri, dan batik Pekalongan. Kain batik yang dipajang, masing-masing mempunyai cerita dan ciri khas masing-masing.

Tak hanya kain batik, di ruangan ini juga menyimpan koleksi berbagai macam kain Kebaya beserta Jarit (sejenis kain panjang-adat Jawa) yang mempunyai 10 warna pola yang pembuatannya memakan waktu sampai 6 bulan, hingga tercipta benar-benar 10 warna. Jangan lewatkan untuk melihat kain yang sudah berumur 350 tahun. Unik bukan?

Di ruangan berikutnya akan ditemukan batu yang menyerupai kepala manusia. Batu unik ini terbentuk secara alami dan sudah berumur 200 tahun. Bergeser sedikit, pengunjung juga dapat melihat berbagai macam patung simbol pernikahan dari berbagai kota di Indonesia.

Ingin mengenal lebih dalam tentang Reog? Museum ini juga menyajikan sejarah singkat Reog. Dengan memberikan edukasi pada para pengujung, museum ini cukup diminati dan sering dijadikan tujuan wisata edukasi bagi para pelajar dan turis asing.

Di sini pengunjung akan disajikan koleksi benda-benda bersejarah kebudayaan bangsa Indonesia beserta rekam jejaknya. Topeng-topeng peninggalan bersejarah terpampang apik dan benda-benda pusaka berjejer menjadikan suasana histori yang sangat kental. Tampak disebuah ruangan yang dihiasi kursi singgasana kerajaan Singaraja dari Bali.

Berbagai jenis Wayang juga di pamerkan di museum ini. Tentunya akan membuat penasaran, seperti apa sih? Silahkan berkunjung ke D’Topeng Kingdom Museum.

———————————————————————————————————————————-

Informasi mengenai Tur ini, Silakan kontak Worldlinks America, Los Angeles (La Habra): 562-691-1318 , San Francisco 415 242 8195 , Sales@WorldlinksAmerica.com.

Ingin mendapatkan Info Tur Terkini di Worldlinks America lewat Email atau WA, silakan daftar di www.TurDuniaGratis.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here