Bali merupakan salah satu tujuan wisata di Indonesia yang sudah sangat dikenal, baik oleh turis domestik maupun mancanegara. Namun demikian, masih banyak kawasan wisata di Pulau Bali yang tergolong jarang dikunjungi oleh wisatawan lantaran lokasinya yang cukup jauh dari hingar-bingar keramaian kota dan pusat perhotelan. Salah satunya adalah kawasan pantai timur Pulau Bali yang asri dan sarat peninggalan sejarah. Berikut adalah beberapa titik yang wajib Anda kunjungi di pesisir timur Pulau Dewata.

Taman Ujung 

Selat Lombok tampak di sisi timur Taman UjungTerletak sekitar 5 km di sebelah tenggara kota Amlapura, Taman Ujung merupakan salah satu situs bersejarah peninggalan Kerajaan (Puri) Karangasem. Kompleks istana tersebut didirikan atas prakarsa Raja Karangasem I Gusti Bagus Jelantik, yang bergelar Anak Agung (A.A) Anglurah Ketut Karangasem pada tahun 1909. Berdiri di atas lahan seluas 10 hektare, Taman Ujung merupakan istana peristirahatan Raja Karangasem. Di samping juga digunakan sebagai tempat untuk menjamu tamu-tamu keluarga kerajaan, sang raja juga sering datang untuk bersemedi di sini.

Selain menikmati keasrian kolam dan kebun, pengunjung juga diperbolehkan untuk mengunjungi bangunan utama yang disebut Balai Gili Ikan Bangi. Gedung istana yang terletak di tengah-tengah taman air tersebut terdiri dari ruang tamu, ruang tidur raja, ruang putra-putri raja, dan ruang makan keluarga kerajaan. Memasuki Balai Gili Ikan Bangi, pengunjung diperkenalkan kepada raja-raja dan keluarga besar trah Puri Karangasem melalui foto-foto yang terpampang di dinding setiap ruangan.

Dengan pemandangan Gunung Agung di sisi barat dan Selat Lombok di sisi timur, Taman Ujung merupakan tujuan wisata ideal yang juga menawarkan keindahan dan romantika tersendiri sebagai lokasi pemotretan pre-wedding.

Tirta Gangga

Menara Air Meru Tumpang Solas di Tirta GanggaBerbeda dengan objek wisata Pulau Dewata lainnya yang identik dengan teriknya sinar matahari, Tirta Gangga menyuguhkan kesejukan udara pegunungan karena letaknya yang berdekatan dengan Gunung Agung. Berjarak kurang lebih 11 km dari Taman Ujung, Tirta Gangga merupakan warisan bersejarah Kerajaan Karangasem yang juga dibangun oleh Raja A.A. Anglurah Ketut Karangasem. Konon kabarnya, sang raja mendapatkan inspirasi untuk membangun istana air sepulang dari lawatannya ke Istana Versailles di Perancis.

Istana Air Tirta Gangga berupa labirin kolam dan air mancur yang dikelilingi oleh taman yang asri dan patung Dewa-Dewi agama Hindu Bali. Tepat di tengah kompleks istana, terdapat sebuah menara air setinggi kurang lebih 10 meter yang bernama Meru Tumpang Solas. Menara yang terbuat dari batu padas tersebut terdiri dari sebelas atap bertumpang atau bertumpuk yang biasa dapat dijumpai di pura Hindu Bali. Jika dilihat dari kejauhan, Meru Tumpang Rolas menyerupai kuncup bunga teratai, bunga yang disakralkan dalam filosofi Hindu dan Buddha. Selain wisata sejarah, Tirta Gangga juga menyediakan sebuah kolam pemandian alami bagi pengunjung yang hendak menikmati kesegaran mata air pegunungan.

————————————————————————————————————————————

Informasi mengenai Tur ini, Silakan kontak Worldlinks America, Los Angeles (La Habra): 562-691-1318 , San Francisco 415 242 8195 , Sales@WorldlinksAmerica.com.

Ingin mendapatkan Info Tur Terkini di Worldlinks America lewat Email atau WA, silakan daftar di www.TurDuniaGratis.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here