Tak diragukan lagi, Santorini adalah pulau paling menakjubkan di laut Aegean. Pulau berbentuk bulan sabit ini adalah perhentian wajib bagi Anda yang melalui rute wisata kepulauan Cyclades, bahkan bila Anda sangat ingin menikmati pemandangan sunset yang sensasional dari Ia, menyaksikan situs ekskavasi yang memikat, dan bangunan-bangunan putih menyilaukan bersama dengan jutaan wisatawan lainnya.

Saat pertama kali ditinggali, pulau ini dijuluki K├íllisti (“yang tercantik”). Sekarang, nama resminya adalah Thira, atas nama Thiras sang kolonis abad 9 sebelum masehi. Namun, tempat ini lebih dikenal dengan nama Santorini, yang diambil dari nama santo pelindungnya yaitu Santo Irene dari Tesaloniki, sang ratu Bizantium yang membangun kembali ikon-ikon agama Kristen Ortodoks (wafat tahun 802). Memang, Santorini mudah dicapai dengan pesawat. Tetapi, apabila Anda ingin menikmati pengalaman sejati Santorini, naiklah kapal menuju ke sini agar dapat menikmati proses perkenalan spektakuler dengan Santorini. Setelah mengarungi selat antara pulau Sikinos dengan Ios, kapal Anda akan merapat ke dua pulau yang mengapit sebuah selat.

Pulau yang besar di sebelah kiri adalah Santorini, dan yang kecil di sebelah kanan adalah Thirasia. Setelah melalui selatnya, Anda akan melihat bangunan-bangunan di Ia yang menghinggapi tebing utara Santorini bagaikan sarang lebah geometris berwarna putih.

Teluk ini dahulu adalah pusat daratan pulau ini. Namun, sekarang tenggelam di bawah laut dengan kedalaman 91 meter. Saking dalamnya, kapal-kapal yang berlabuh di pelabuhan kecil Santorini yaitu Athinios tidak menurunkan jangkarnya. Tebing-tebing yang mengitari teluk ini adalah lereng kuno dari gunung berapi yang masih aktif, dan Anda berlayar ke arah timur melewati kawah gunung ini yang tenggelam.

Di sebelah kanan ada pulau-pulau Gosong, pulau Putih dan sisa-sisa gunung berapi lainnya, semuanya berbaris rapi bagaikan pajangan raksasa dalam sebuah museum geologi. Kawah dewa Hephaestus masih menyala di dalam lautan, dan gunung ini meletus tahun 198, tahun 735, dan terjadi gempa bumi di tahun 1956. Memang, faktanya adalah Santorini dan empat pulau kecil di sekitarnya adalah sisa-sisa pecahan daratan yang lebih besar yang meletus sekitar tahun 1600 sebelum masehi. Inti gunung berapi ini meledak dan terlempar tinggi, dan lautan pun memenuhi rongga yang ditinggalkannya sehingga membentuk teluk dengan panjang 10 km, lebar 7 km, dan kedalaman 91 meter ini.

Letusan-letusan selanjutnya dari gunung ini juga memisahkan pulau Thirassia (dihuni beberapa ratus orang) dan pulau mungil Aspronissi (pulau Putih). Di tengah teluk ada dua pulau Gosong yang tak berpenghuni yaitu Palea Kameni dan Nea Kameni, yang timbul antara tahun 1573 sampai tahun 1925.

Banyak kisah simpang siur tentang kesamaan Santorini dengan negeri dongeng Atlantis yang disebutkan dalam lembar-lembar papirus Mesir kuno dan disebut oleh Plato (dia mengatakan letak negeri Atlantis adalah di samudera Atlantik). Tapi semua itu sekedar dongeng. Yang sudah jelas terjawab adalah pertanyaan apakah gelombang tsunami dari letusan hebat di Santorini menghancurkan peradaban Minoa di pulau Crete yang berjarak 113 km. Dari bukti terakhir, jelas bahwa kaum Minoa masih bertahan hidup beberapa abad setelah letusan tersebut, meskipun keadaan mereka melemah. Tapi memang pulau ini tak asing dengan kesulitan. Sejak dahulu, Santorini memakai tadah-tadah hujan untuk mengumpulkan air hujan untuk keperluan minum dan irigasi karena air sumur di sini kebanyakan payau dan tidak layak konsumsi. Apabila masih kurang, Santorini mengimpor air. Tetapi, di balik kesulitan ada berkah. Tanah volkanis di sini cocok untuk ditanami tomat khas Santorini yang berkulit keras yang digunakan untuk bahan saus tomat di restoran setempat. Hasil bumi lainnya adalah kacang fava Santorini yang terkenal, yang rasanya ringan dan segar; barley; gandum; dan terong putih.

———————————————————————————————————————————-

Informasi mengenai Tur ini, Silakan kontak Worldlinks America, Los Angeles (La Habra): 562-691-1318 , San Francisco 415 242 8195 , Sales@WorldlinksAmerica.com.

Ingin mendapatkan Info Tur Terkini di Worldlinks America lewat Email atau WA, silakan daftar di www.TurDuniaGratis.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here