1. Bahasa Jepang dari “Jepang” adalah Nihon atau Nippon, yang berarti “Negeri Matahari Terbit.” Dahulu, orang mengira bahwa Jepang adalah negara pertama yang melihat matahari terbit di timur saat fajar.

2. Jepang memiliki harapan hidup terpanjang ketiga di dunia. Pria harapan hidupnya 81 tahun dan wanita hampir 88 tahun. Orang Jepang rata-rata hidup empat tahun lebih lama dari orang Amerika.

3. Jepang terdiri dari lebih 6800 pulau

4. Berpenduduk 33 juta orang, daerah metropolitan Tokyo-Yokohama adalah daerah metropolitan berpenduduk terbesar di dunia

5. Di Jepang ada lebih dari 3000 restoran McDonald’s, jumlah terbanyak di negara selain Amerika.

6. Film The Hidden Fortress karya sutradara asal Jepang Akira Kurosawa adalah sumber inspirasi dari Star Wars oleh sutradara George Lucas

7. Tiap musim semi, Jepang memiliki festival yang menghormati penis dan kesuburan wanita yang disebut dengan Kanamara Matsuri, atau “Festival Penis Baja.”

8. Jepang adalah satu dari sedikit negara di dunia yang penduduk manulanya lebih banyak dari penduduk mudanya

9. Dua puluh satu persen penduduk Jepang adalah manula (berumur lebih dari 65), angka tertinggi di dunia. Ada lebih banyak manula dibandingkan dengan anak-anak di Jepang.

10. Orang Jepang mengkonsumsi ikan lebih banyak dibanding orang dari negara manapun di dunia, yaitu 17 juta ton per tahun. Jepang adalah importir terbesar dunia dari seafood, dengan udang sebagai urutan pertama dengan 4 juta ton per tahun atau satu per tiga dari jumlah total. Lebih dari 20% asupan protein orang Jepang didapat dari ikan atau olahan ikan.

11. Lebih dari dua milyar manga (komik Jepang) terjual di Jepang tiap tahun

12. Lebih dari 5 milyar porsi mie instan dikonsumsi di Jepang tiap tahun. Chef Momofuku Ando menemukan mie instan pertama “ramen ayam” di tahun 1958

13. Sushi telah ada sejak sekitar abad kedua. Sushi berawal sebagai cara mengawetkan ikan di China dan kemudian dibawa ke Jepang. Metode memakan ikan mentah dimulai sejak awal abad 17. Tetapi, dalam bahasa Jepang sushi artinya bukan ikan mentah. Arti sebenarnya adalah nasi yang dibumbui dengan cuka vinegar, gula, dan garam. Ikan mentah iris yang disajikan tanpa nasi disebut sashimi.

14. Daging sapi Kobe sangat terkenal di seluruh dunia akan kelembutan dan kelezatannya. Tidak heran, karena sapi-sapi penghasil daging ini dipijit tiap hari dan diasupi sake dan tumbukan bahan pembuat bir saat musim panas. Sapi Kobe yang asli hanya diternakkan di 262 peternakan sapi di daerah Tajima yang beribukotakan Kobe. Tiap peternakan itu hanya memelihara rata-rata 5 sapi dalam satu periode. Daging sapi Kobe juga dikenal dengan Wagyu.

15. Di Jepang ada sekitar 5,5 juta mesin penjual otomatis, yang bisa ditemui di hampir setiap sudut jalan. Ada mesin yang menjual bir, kopi panas dan dingin, rokok, anggur, kondom, komik, hot dog, lampu, beras, tisu, payung, umpan ikan, telur segar, majalah porno, dan bahkan celana dalam bekas wanita.

16. Jepang memiliki tingkat bunuh diri terendah kedua di dunia. Meski begitu, di Jepang ada “hutan bunuh diri” yang menyeramkan bernama Aokigahara di kaki gunung Fuji. Hutan ini kejadian bunuh dirinya terbanyak kedua setelah Jembatan Golden Gate di San Francisco.

17. Angka kelahiran di Jepang demikian rendah, sampai-sampai penjualan popok dewasa lebih banyak daripada popok bayi.
18. Sakura adalah bunga kebangsaan Jepang.

19. Eskalator terpendek di dunia terletak di ruang bawah tanah toserba More di Kawasaki, Jepang. Hanya ada 5 anak tangga dan tingginya hanya 83,3 cm.

20. Yaeba, atau gigi gingsul, dianggap memikat di Jepang. Sampai-sampai, gadis-gadis meminta dokter gigi agar giginya digingsulkan.

21. Di Jepang kuno, wanita menghitamkan gigi mereka dengan pewarna karena gigi putih dianggap jelek. Praktek bernama ohaguro ini masih ada sampai akhir 1800an.

22. Stasiun Shinjuku di Tokyo adalah stasiun paling ramai di dunia. Tiap hari, lebih 2 juta orang melaluinya.
23. Anime, atau film dan acara TV animasi Jepang, menyumbang 60% dari semua hiburan animasi di dunia. Anime sangat digemari di Jepang sampai-sampai ada hampir 130 sekolah pengisi suara di Jepang.

24. 90 persen ponsel yang dijual di Jepang tahan air karena kaum muda di sana saat mandi pun memegang ponsel.

25. 98 persen dari adopsi yang ada di Jepang adalah adopsi pria dewasa, dengan tujuan agar bisnis keluarga bisa tetap berlanjut di keluarga tersebut.

26. Satu-satunya pria Jepang yang selamat dari tenggelamnya kapal Titanic adalah Masabumi Hosono. Dia dianggap pengecut karena tidak ikut meninggal bersama penumpang lain.

27. Di Jepang, tidur siang (inemuri) diperbolehkan di tempat kerja karena dianggap sebagai bukti kelelahan setelah bekerja keras.

28. Ketika membungkuk, jaga jarak agar tidak berbenturan kepala.

29. Saat orang Jepang bertemu, biasanya mereka saling membungkuk, bukan berjabat tangan. Makin rendah Anda membungkuk, makin kuat rasa hormat yang Anda tunjukkan.

30. Saat Perang Dunia II, Jepang membom China dengan kutu yang terinfeksi wabah pes.

31. Jepang dan Rusia masih belum menandatangani perjanjian damai untuk mengakhiri Perang Dunia II karena masih bersengketa atas Kepulauan Kuril.

32. Di Jepang, Kit Kat memiliki berbagai rasa seperti jagung bakar, keju Camembert, the Earl Gray, dan wasabi. Orang Jepang mengucapkan Kit Kat seperti “KittoKatsu,” yang dalam bahasa Jepang bisa berarti “Anda pasti lulus”. Jadi, Kit Kat adalah hadiah yang lazim diberikan untuk siswa saat menghadapi ujian.

33. Sekitar 25 milyar pasang waribashi (sumpit sekali pakai) digunakan di Jepang tiap tahun. Jumlah kayu yang dibutuhkan setara dengan untuk membangun 17000 rumah.

34. Di Jepang, kucing hitam dipercaya sebagai jimat keberuntungan atau pertanda nasib baik.

35. Di Jepang, Kentucky Fried Chicken diserbu masyarakat saat malam Natal.
36. Banyak sumber air panas dan pemandian umum (onsen) di Jepang melarang pengunjung bertato masuk karena tato identik dengan yakuza atau mafia Jepang yang anggotanya biasanya bertato seluruh badan.

37. Kartun di Jepang dimulai dari abad 12. Sekarang, lebih banyak kertas yang dipakai untuk komik dibanding untuk tisu toilet di negara ini.

38. Di Jepang ada pulau penuh kelinci yaitu Okunoshima. Kelinci dibawa ke pulau ini saat Perang Dunia II untuk menguji dampak gas beracun.

39. Komunitas Jepang terbesar di dunia di luar Jepang adalah di Brazil.

40. Daging kuda mentah dianggap sebagai hidangan mewah di Jepang. Mereka menyebutnya basashi dan diiris tipis-tipis dan dimakan mentah.

41. Masyarakat Jepang mengkonsumsi sekitar 7461 ton daging kuda tiap tahun.

42. Sumo berawal sejak 1500 tahun yang lalu. Atlet sumo beratnya 150 kg atau lebih. Mereka berlatih di sebuah heya (ruangan, kandang) yang dikelola oleh mantan-mantan jawara sumo. Atlet sumo muda biasanya diharuskan membersihkan dan memandikan atlet sumo senior, termasuk bagian-bagian yang susah dijangkau.

43. Hello Kitty lahir di Jepang tahun 1974 sebagai dompet plastik penyimpan koin. Lebih 20000 produk Hello Kity ada di pasaran sekarang, termasuk pemanggang roti, kartu kredit, dan tisu toilet. Penggemar Jepang memanggilnya Kitty Chan.

44. “Hotel asmara” adalah hotel-hotel di Jepang yang dirancang bagi pasangan asmara yang ingin singgah sejenak. Love hotel ini ditandai dengan simbol hati. Tarif kamarnya beda-beda. Tarif “singgah” dan tarif menginap. Sekitar 2% orang Jepang memakai hotel asmara tiap hari.

45. Macaque asli Jepang (spesies monyet) adalah monyet legendaris dari kisah Tiga Monyet Bijak.

46. Anda boleh menyedot mie di Jepang, terutama mie soba. Menyedot tandanya mie-nya lezat, dan juga lebih cepat mendinginkan mie yang panas.
47. Jepang adalah produsen mobil terbesar di dunia. Perusahaan Toyota asal Jepang adalah produsen mobil terbesar ketiga di dunia. Didirikan oleh Kiichiro Toyoda.

48. Gunung Fuji atau Fujisan atau Fujiyama adalah gunung tertinggi di Jepang dengan ketinggian 3776 meter. Ia dianggap suci oleh banyak orang Jepang. Lebih dari sejuta orang mendaki Gunung Fuji tiap tahun di musim pendakian resmi yaitu bulan Juli dan Agustus.

49. Gunung Fuji adalah salah satu dari “Tiga Gunung Suci” yang ada di Jepang.

50. Pasar Tsukiji adalah pasar ikan terbesar di dunia, dengan transaksi hasil laut sebanyak lebih dari 2000 ton tiap harinya.

51. Hadaka Matsuri, atau Festival Telanjang, adalah perayaan dimana ribuan pria Jepang melepas pakaian mereka di muka umum karena dipercaya bahwa pria yang telanjang memiliki kekuatan lebih besar untuk menangkal roh jahat. Hanya organ paling intim yang ditutup kain fundoshi.

52. Karaoke adalah kata asli Jepang yang berarti “orkestra kosong.” 1970, penyanyi kabaret Daisuke Inoue membuat mesin yang dijalankan dengan koin yang bisa memainkan lagu-lagunya memakai kaset agar para penggemarnya bisa bernyanyi bersama. Tapi dia tidak mendaftarkan paten ciptaannya sehingga dia tidak pernah mendapat untung dari temuannya ini.

53. Persilangan internal dari anjing-anjing di Jepang telah mengakibatkan Jepang memiliki tingkat anjing cacat genetik tertinggi dunia.

54. Lampu lalu lintas berwarna hijau di Jepang disebut aoshingo, atau “biru”.

55. Di Jepang merobek kertas pembungkus kado dianggap tidak sopan.

56. Orang Jepang memiliki lebih banyak hewan piaraan dibanding anak sendiri.

57. Baseball adalah olah raga paling populer di Jepang. Orang Jepang memanggilnya yakyū, dan pertama kali diperkenalkan di Jepang oleh seorang guru Amerika bernama Horace Wilson. Pertandingan pertama yang dimainkan di Jepang adalah pada tahun 1873 di Universitas Tokyo. Jepang memiliki dua liga baseball profesional yaitu Liga Pasifik dan Liga Sentral. Saking digemari, pertandingan tingkat SMA pun disiarkan di televisi nasional.

58. Jepang menemukan shibari, atau pertunjukan seksual dimana perempuan diikat. Mungkin pertunjukan ini asal mulanya adalah seni bela diri hojojutsu, dimana seorang samurai berlatih menangkap atau mengekang musuhnya dengan tali dalam waktu sesingkat mungkin.

59. Di upacara perkawinan tradisional Shinto, mempelai perempuan memakai penutup kepala khusus bernama tsunokakushi (penutup tanduk) untuk menutupi “tanduk kecemburuan” istri atas suaminya.

60. Kata Banzai dalam bahasa Jepang berarti “10 ribu tahun” dan dulunya merupakan doa agar kaisar berumur panjang. Sekarang, banzai artinya kurang lebih “Hore!” Di stasiun kereta maupun bandara, wisatawan sering diantar oleh rekan-rekan sekerja yang bersorak “Banzai!” tiga kali sambil mengangkat tangan mereka di atas kepala. Sorakan ini juga dipakai dalam perayaan.

61. Orang Jepang mentabukan nomer empat (shi) karena kata tersebut juga bisa berarti kematian. Gedung bertingkat tidak memiliki lantai empat. Perangkat teh dan sake dijual dengan lima cangkir. Tiga atau lima adalah jumlah ideal untuk tamu upacara teh tradisional Jepang. Lazimnya, bilangan ganjil lebih disukai daripada bilangan genap.

62. Orang Barat menganggap hati sebagai pusat emosi, sedangkan orang Jepang menganggap hara (perut) sebagai pusat emosi dan pikiran. Mereka menghargai komunikasi tanpa suara, atau di Jepang disebut haragei (berbicara dari perut).

63. Kata horenso (bayam) mirip dengan kata horeru (“jatuh cinta” atau “cinta rahasia”). Ketika orang Jepang memberi kado yang dibungkus warna hijau bayam, dia mengharapkan cinta.

64. Dalam bahasa Jepang, fugu adalah nama ikan kembung yang sangat beracun. Hukum di Jepang mengharuskan yang memasak fugu adalah juru masak yang sudah dilatih khusus dan memiliki izin. Undang-undang melarang kaisar dan keluarga kerajaan memakan fugu. Kebanyakan, fugu dimakan antara bulan Januari dan Maret, dimana dia dianggap paling tidak beracun.

65. Pada tengah malam pergantian tahun, kuil-kuil Budha di Jepang membunyikan loncengnya 108 kali untuk memperingati tahun baru dan mengusir 108 nafsu jahat manusia. Peristiwa ini dinamakan Joya no Kane dan disiarkan radio Jepang.

66. Orkestra dan tarian istana Jepang, yaitu gagaku dan bugaku, adalah tradisi musik dan tari tertua di dunia. Diperkenalkan dari istana China pada abad 7 dan 8 dan masih dipertunjukkan di Tokyo oleh anggota dari Imperial Court Orchestra sampai sekarang.
67. Mulanya, geisha adalah laki-laki, disebut taikomochi, dan peran mereka mirip dengan pelawak istana.

68. Geisha dalam bahasa Jepang berarti “seniman”.

69. Sampai sekarang, Jepang adalah satu-satunya negara yang daratannya pernah dibom nuklir. Kumamoto adalah target asli bom atom oleh Angkatan Udara Amerika. Pada hari H, di tahun 1945, Kumamoto ditutupi awan, dan pesawat pembom melewatkannya sehingga bom dijatuhkan di Hiroshima.

70. Godzilla adalah simbol budaya populer Jepang yang paling dikenal (hak cipta Bandai Namco/Entertainment America). Godzilla, monster raksasa menyerupai dinosaurus, pertama kali tampil di film tahun 1954. Di Jepang, orang memanggilnya Gojira. Gojira bangkit dari dalam laut, terbangun oleh uji coba bom atom, dan menyerang Tokyo.

71. Agama Shinto adalah satu dari sedikit agama di dunia yang memiliki dewa matahari perempuan.

72. Banyak bayi Jepang terlahir dengan tanda lahir bercak Mongolia (mokohan) di punggungnya. Tanda lahir tak berbahaya ini biasanya berangsur menghilang sebelum umur 5. Ini umum di beberapa masyarakat Asia dan suku Indian Amerika.

73. Sekarang, kurang dari 200 orang di Jepang memiliki ayah sekaligus ibu asli suku Ainu yang diduga merupakan suku asli Jepang. Orang Ainu tidak memiliki kromosom Y yang biasanya ditemukan pada penduduk Jepang pada umumnya.

————————————————————————————————————————————-

Informasi mengenai Tur ini, Silakan kontak Worldlinks America, Los Angeles (La Habra): 562-691-1318, San Francisco 415 242 8195 , Sales@WorldlinksAmerica.com.

Ingin mendapatkan Info Tur Terkini di Worldlinks America lewat Email atau WA, silakan daftar di www.TurDuniaGratis.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here